Macam-macam jenis kertas
https://pixabay.com/

Macam-macam jenis kertas

Macam-macam jenis kertas

Kertas merupakan aspek penting dalam industri percetakan. Dalam kegiatan sehari-hari, orang awam cenderung mengenal hanya 1 jenis kertas saja, yaitu kertas HVS. Kertas ini menjadi sangat populer karena sering digunakan untuk mencetak dokumen dan mudah didapat. Namun, bagi industri percetakan kertas HVS hanyalah satu dari banyak jenis kertas yang memiliki karakteristik berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa jenis kertas yang sering digunakan oleh industri percetakan :

1. HVS

Kertas HVS adalah jenis kertas yang paling sering ditemui seperti yang sudah dijelaskan di awal. Kertas ini memiliki tekstur cukup kasar dan sering digunakan untuk mencetak dokumen. Kertas ini berwarna putih polos di kedua sisinya. Kertas HVS memiliki varian gramatur dari 60 gram hingga 100 gram.

2. Art Paper

Art Paper adalah kertas yang sering digunakan pada percetakan offset dan digital. Kertas jenis ini memiliki karakteristik berkilau dan bisa ditambahkan finishing menggunakan doff, glossy, maupun dengan UV. Biasanya, Art Paper digunakan sebagai bahan untuk mencetak poster, namun tidak menutup kemungkinan untuk mencetak sampul majalah. Kertas jenis ini memiliki varian gramatur dari 100 gram hingga 150 gram.

3. Art Carton

Art Karton memiliki karaktersitik serupa dengan jenis kertas Art Paper. Namun, yang membedakan Art Karton dengan Art Paper adalah ketebalannya. Kertas Art Karton memiliki varian ketebalan mulai dari 190 gram hingga 400 gram.

4. Matte Paper

Secara kasat mata, Matte Paper memiliki bentuk yang serupa dengan Art Paper. Namun, jika dilihat lebih detail, kertas ini memiliki perbedaan mendasar pada permukaan, yakni tidak berkilau. Matte Paper sering digunakan untuk mencetak majalah karena bisa memberi nuansa doff. Hal lain yang membuat kertas jenis ini sering digunakan adalah karena Matte Paper lebih cepat meresap tinta dibandingkan dengan kertas Art Paper.

5. Ivory

Hal yang menarik dari kertas Ivory adalah kertas jenis ini seperti gabungan dari Art Carton dengan Matt Paper karena memiliki sisi yang berkilauan dan doff di sisi lain. Karena karakteristik inilah kertas ini menjadi populer untuk dijadikan katalog. Kertas Ivory memiliki variasi gramatur dari 210 gram hingga 400 gram.

6. Duplex

Kertas jenis ini sering sekali ditemui sebagai kotak untuk membawa makanan. Karakteristik kertas Duplex adalah memiliki satu sisi berwarna putih berkilau dan di sisi lain berwarna abu-abu serta bertekstur kasar. Kertas ini memiliki varian gramatur dari 250 gram hingga 400 gram.

7. Fancy Paper

Fancy Paper adalah kertas yang memiliki karakteristik dan warna-warna yang unik. Jenis Fancy Paper sangat beragam dan harganya relatif lebih mahal dibandingkan dengan kertas yang umum digunakan. Biasanya, kertas jenis ini digunakan untuk kegiatan-kegiatan tertentu dan setiap kertas bisa menunjukan identitas suatu perusahaan maupun konsep yang ada dalam kegiatan tersebut.

Selain kertas yang telah disebutkan diatas, sebenarnya masih banyak jenis kertas lainnya yang bisa digunakan di industri percetakan. Secara umum pemilihan kertas sangatlah penting karena, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bisa menunjukan identitas perusahaan maupun kegiatan yang akan dilakukan.

(Muhammad Diko)
sumber: http://www.gramediaprinting.com/article/detail/55

Leave a Reply